Apa Itu Competency Management System?

Apa Itu Competency Management System?

Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi juga semakin lama semakin canggih. Berbagai teknologi diciptakan untuk membantu berbagai pekerjaan manusia. Banyak perusahaan baik itu perusahaan kecil ataupun perusahaan besar, berlomba-lomba dalam mengimplementasikan teknologi canggih dalam perusahaan. 

Teknologi yang biasa digunakan oleh perusahaan biasanya berupa aplikasi software yang dapat membantu perusahaan dalam pengelolaan sumber daya manusia, baik dalam pengelolaan data karyawan, absensi, hingga penggajian karyawan.

Penerapan Sistem Manajemen Kompetensi (Competency Management System)

Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia setiap karyawan dalam perusahaan, perusahaan menggunakan sistem manajemen kompetensi (competency management system) yang biasanya dilakukan dengan pendekatan formal dan terorganisir perusahaan untuk memastikan bahwa karyawan tersebut memiliki potensi yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam mencapai tujuan yang dimiliki oleh perusahaan.

Praktek akan menggambarkan skill yang disukai oleh perusahaan, seperti kemampuan untuk menggunakan aplikasi tertentu atau pengetahuan tentang praktik akuntansi. Dari praktek ini, keterampilan dan personalia ini akan digunakan untuk memperkirakan kebutuhan, menentukan tujuan pelatihan, dan mengukur kemajuan menuju tujuan tersebut.

Kelebihan Sistem Manajemen Kompetensi (Competency Management System)

Competency Management System dapat membantu perusahaan untuk menyimpan, mencari, dan menganalisis data terkait kompetensi. Dasbor grafis menyediakan tampilan cepat informasi di seluruh perusahaan, dan fungsi pencarian membantu pengguna mengidentifikasi siapa yang memiliki keterampilan tertentu. 

Dan karena perangkat lunak adalah sistem perusahaan yang diinstal pada server perusahaan atau disediakan melalui cloud, itu memfasilitasi kolaborasi dan berbagi pengetahuan di seluruh divisi.

Manfaat Sistem Manajemen Kompetensi (Competency Management System)

Competency Management System merupakan salah satu jenis perangkat lunak atau software aplikasi perusahaan yang digunakan untuk mengevaluasi dan mengelola sumber daya manusia. Selama beberapa tahun terakhir, telah ada dorongan untuk meningkatkan dan memperluas Competency Management System ini.

Selama beberapa tahun terakhir, sistem komersial telah dikembangkan. Sistem tersebut akan menawarkan fitur-fitur seperti Database kompetensi yang telah diisi sebelumnya, seringkali diselenggarakan oleh industri. Database karyawan dan keterampilan mereka.

Fungsionalitas pencarian merupakan kemampuan pelaporan. Ulasan kinerja seperti pelanggaran dan sikap. Mekanisme untuk merekam dan menyebarluaskan umpan balik dari laporan langsung karyawan, penyelia, pelanggan, dan orang lain dengan siapa orang tersebut bekerja secara langsung.

Teknologi manajemen kompetensi masih relatif baru sehingga mengharuskan pengguna melakukan sejumlah besar pekerjaan manual. Seperti banyak jenis paket perangkat lunak perusahaan, Competency Management System membutuhkan penyesuaian dan dapat diharapkan diimplementasikan secara bertahap.

Praktik manajemen kompetensi terkait erat dengan manajemen pembelajaran, dan fungsionalitas dapat dimasukkan dalam aplikasi perangkat lunak tunggal atau dua sistem perangkat lunak dapat diintegrasikan. Beberapa alat dapat digunakan untuk menjadwalkan sesi pelatihan, melacak peserta, dan membuat laporan tentang siapa yang menyelesaikan setiap sesi.

Jika perusahaan Anda ingin meningkatkan Sistem Manajemen Kompetensi atau competency management system yang sudah ada, tentunya bisnis Anda membutuhkan dukungan software HRD Terbaik dari LinovHR. Hubungi tim LinovHR untuk mendapatkan akun trial gratis.

Software HRD LinovHR memiliki Competency Management Modul yang akan membantu perusahaan dalam mengelola Sumber Daya Manusia perusahaan. Sehingga setiap Divisi dan unit kerja memiliki kemampuan sesuai dengan yang perusahaan harapkan. Tentunya hal ini akan meningkatkan daya saing perusahaan .

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Competency Management System?"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel