Gempa 6 Sr Guncang Donggala, Sulteng

Gempa 6 SR Guncang Donggala, SultengFoto ilustrasi (Mindra Purnomo/detikcom)

Jakarta -Gempa 6 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Pusat gempa berada di darat, pada jarak yang dangkal.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, lewat keterangan persnya, Jumat (28/8/2019) menjelaskan gempa terjadi sempurna pukul 14.00.00 WIB.

Ini ialah gempa tektonik yang semula diidentifikasi berkekuatan 5,9 SR, namun data dimutakhirkan dan kesudahannya gempa diidentifikasi berkekuatan 6,0 SR. Pusat gempa terletak pada koordinat 0,40 LS dan 119,81 BT, yakni di darat pada jarak 2 km utara Kota Donggala, Kabupaten Donggala, Sulteng. Kedalamannya 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa bumi ini, tampak bahwa gempa bumi dangkal ini terjadi akhir acara di zona sesar Palu Koro. Hasil analisis prosedur sumber mengatakan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan prosedur jenis sesar strike-slip sinistral (geser mendatar mengiri)," kata Rahmat.

Guncangan gempa terasa oleh banyak orang di Donggala. Hingga sekarang belum ada laporan kerusakan akhir gempa itu. Hingga pukul 14.20 WIB, ada enam gempa susulan yang telah terjadi.

Gempa ini tak berpotensi tsunami. Masyarakat diimbau untuk tetap damai menyikapi kabar-kabar yang beredar soal gempa ini.

"Kepada masyarakat diimbau biar tetap damai dan tidak terpengaruh oleh gosip yang tidak sanggup dipertanggungjawabkan kebenarannya," tandasnya.

Sumber detik.com
Buka Komentar

0 Response to "Gempa 6 Sr Guncang Donggala, Sulteng"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel