3 Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” Di Android

Cara Memperbaiki “Unfortunately, Contacts Has Stopped” di HP Android. Kontak merupakan aplikasi yang difungsikan sebagai kawasan menyimpan semua nomor dan nama dari semua teman, keluarga, dan saudara yang sama – sama mempunyai alat komunikasi baik itu smartphone, tablet, ataupun HP Jadul. Kontak sangat bermanfaat ketika kita ingin mengirim pesan atau melaksanakan panggilan tanpa harus mengingat nomor satu persatu.

 Kontak merupakan aplikasi yang difungsikan sebagai kawasan menyimpan semua nomor dan nama  3 Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” di Android


Namun sayangnya, aplikasi kontak bawaan smartphone android terkadang juga sanggup mengalami kerusakan/ error. Kerusakan dan error biasanya muncul pesan pop up bertuliskan “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” atau “Unfortunately, Contacts Has Stopped”. 

Baca juga : 3 Cara Mengatasi “Sayangnya Keyboard Android (Aosp) Telah Berhenti” Di Android
Hal menyerupai ini terjadi tidak hanya pada satu smartphone saja, sanggup saja terjadi pada semua merek smartphone mulai dari Samsung Galaxy, Smartfreen Andromax, Asus Zenfone, Lenovo, Xiomi, Sony Experia, HTC, LG, Motorola, Advan, Evercross, Oppo, Vivo, dan lainnya.

Penyebab umum mengenai problem tersebut biasanya sebab file cache yang terus menumpuk dan jadinya menciptakan beberapa aplikasi berhenti secara datang – tiba, hal ini terjadi pada aplikasi ‘kontak’. 

Tak hanya itu saja, Memori RAM penuh juga sanggup menjadi penyebab kenapa beberapa aplikasi mengalami macet dan muncul pesan error. Tapi anda damai saja, kali ini saya akan bantu dengan beberapa tips jitu yang saya ulas dibawah ini.

Cara Mengatasi Kontak Terhenti Di Android

Masalah kontak telepon yang memunculkan pesan error bertuliskan “Sayangnya Kontak Telah Berhenti”, anda sanggup atasi dengan beberapa cara simple dan gampang dibawah ini. Tapi sebelum melaksanakan cara dibawah ini, pastikan anda telah membackup atau memindah semua kontak nomor dari memori Internal ke SIM Card.

Metode 1 : Hapus File Cache Android

Seperti yang saya katakana diatas, file cache merupakan salah satu file yang harus anda perhatikan. Hal ini berlaku tidak hanya pada kontak Android saja, melainkan semua aplikasi Android mulai dari aplikasi bawaan hingga aplikasi dari pihak ketiga menyerupai WhatsApp, Instagram, Facebook Messenger, Facebook Lite, Google Chrome, Google Play Store, dan lainnya.

Untuk membersihkan file cache Android, untuk hasil yang lebih baik, anda sanggup gunakan aplikasi pembersih menyerupai Clean Master atau CM Security. Untuk membersihkan file cache tanpa aplikasi anda sanggup ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.
  • Buka sajian Pengaturan » Aplikasi » tap Semua » cari aplikasi Galeri, kemudian tap “Hapus Cache”. 

Metode 2 : Hapus Data Aplikasi Kontak

Jika dengan cara pertama tidak berhasil maka lakukan dengan cara kedua. Menghapus data aplikasi kontak akan mengembalikan aplikasi kontak berada pada posisi default. Ini artinya semua file dari basis data, cache, history panggilan, dan lainnya akan hilang secara permanen, termasuk semua nomor telepon yang telah anda simpan. Maka dari itu sebelum melaksanakan cara ini, pastikan anda sudah memindah semua nomor ke kartu SIM atau SD Card. 
  • Buka sajian Pengaturan » Aplikasi » tap Semua » cari aplikasi Kontak, kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
  • Lakukan hal yang sama pada Aplikasi telepon, tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Metode 3 : Factory Reset Android

Jika dengan dua cara diatas tidak berhasil mengatasi problem maka terpaksa anda harus melaksanakan reset pada Android anda. Sama menyerupai tips sebelumnya, pastikan anda telah melaksanakan backup pada semua file di Android anda mulai dari foto, video, musik, dokumen, dan lainnya. Apabila backup sudah anda lakukan, barulah anda melaksanakan reset pada Android anda. Simak langkah – langkah reset Android dibawah ini.
Dengan tiga cara diatas saya rasa sudah lebih dari cukup. Saran dari saya, agar nanti tidak terjadi error pada kontak android atau aplikasi lain, cobalah untuk menginstall aplikasi pembersih menyerupai CCleaner, Clean Master, CM Security, GO Speed, 1 Tap Cleaner, atau yang lainnya. Aplikasi semacam itu sanggup membersihkan Android dari file cache, temporary, history, dan malware jahat. Unduh gratis melalui Google Play Store.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi “Unfortunately, Contacts Has Stopped” Di Android. Semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda. Terimakasih. 
Buka Komentar

0 Response to "3 Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” Di Android"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel