Manfat Daun Sirsak Bagi Keshehatan & Cara Pengelolahannya

Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan dan Cara Pengelolaannya - Daun sirsak merupakan salah satu daun yang berkhasiat dan bermanfaat untuk kesehatan.

Daun sirsak akhir-akhir ini juga banyak dicari orang. Bukan hanya buahnya saja yang dikenal sebagai obat panas dalam, daunnya pun juga diyakini sanggup menyembuhkan banyak penyakit kronik. Maka tidak salah jikalau sekarang tumbuhan sirsak sudah banyak yang menanam.

Banyak dari kau yang kadang tidak menyadari bila daun sirsak ini sangat berbagai kegunaannya. Maka dalam pembahasan kali ini kita bakal mengupas secara dalam manfaat dan kegunan daun sirsak untuk kesehatan. Semoga saja pembahasan daun sirsak kali ini bisa bermanfaat untuk kamu.

Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan dan Cara Pengelolaannya Manfat Daun Sirsak Bagi Keshehatan & Cara Pengelolahannya

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Manfaat yang didapat dari daun sirsak sangat banyak sekali, diantaranya yang cukup terkenal yaitu mengatasi kanker, diabetes dan sam urat. Sebenarnya masih ada manfaat daun sirsak lainnya bagi kesehatan, apa saja itu, inilah ulasannya.

1. Menyembuhkan diabetes

Salah satu manfaat daun sirsak untuk kesehatan yaitu untuk mengobati diabetes. Mengkonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin sanggup menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Kadar normal gula darah berkisar di antara 70mg hingga 120 mg. Dengan teratur mengkonsumsi daun sirsak, maka gula darah akan sanggup terjaga dan berada dalam batas normal.

Cara mengelola daun sirsak untuk mengatasi penyakit diabetes:

  1. Ambil 2-5 helai daun sirsak
  2. Bersihkan dengan air higienis yang mengalir supaya bebas dari kuman bakteri
  3. Rebus daun sirsak dalam air 3 gelas
  4. Rebus hingga airnya menjadi 1 gelas.
  5. Minum secara teratur pada pagi hari dan malam hari untuk kau para penderita diabetes.
  6. Lakukan secara rutin dan teratur selama 3-4 hari, kemudian cek kadar gula darah kamu.
  7. Kalau kau lakukan secara rutin, gula darah kau bisa kembali normal.

2. Mengobati kanker

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan lainnya yaitu sebagai obat alami penyembuh kanker dalam tubuh.

Daun sirsak yang tampak dan terlihat biasa-biasa saja ternyata menyimpan begitu banyak manfaat dan kegunaan yang besar dalam mengobati penyakit yang terolong parah dan berbahaya, menyerupai kanker.

Menurut penelitian, zat aktif dalam daun sirsak bisa menyerang dan menghambat sel kanker. Selain itu, zat yang terdapat didalamnya pun bisa mengahancurkan sel kanker tanpa merusak sel normal

Cara mengubah daun sirsak sebagai obat kanker

Ambil 10 helai daun sirsak yang sudah matang atau hijau tua, kemudin rebus dengan 3 gelas air, biarkan air tersisa hingga 1 gelas. Kemudian tunggu hambar dan minum secara rutin dan teratur masing-masing pagi sekitar 3-4 bulan.

3. Mengobati asam urat

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan selanjutnya yaitu mengobati asam urat. Untuk bisa mencicipi khasiat daun ini, cukup minum air rebusan daun sirsak pada pagi dan sore secara teratur.

4. Mengobati Sakit pinggang

Masalah sakit pinggang pun sering dikeluhkan oleh orang yang lanjut usia, bahkan ada anak muda yang mengalaminya. Bila di antara kau mencicipi hal menyerupai ini, maka kau bisa mencoba untuk mengkonusmsi obat herbal dari daun sirsak ini.

Daun sirsak diyakini cukup efektif dan terpercaya semenjak dahulu dalam mengobati sakit pinggang, tanpa meninggalkan imbas samping dibandingkan meminum obat kimiawi.

Cara Penggunaan dalam memanfaatjan obat sakit pinggang dengan saun sirsak

Rebus 20 lembar daun sirsak dalam 5 gelas air dan sisakan 3 gelas saja. Kemudian minum ¾ gelas setiap hari secara teratur.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan lainnya yaitu meningkatkan kekebalan badan serta bisa menghindari terjadinya bisul dalam tubuh. Caranya dengan merebus daun sirsak sejumlah 4-5 lembar dalam 4 gelas air bersih, sisakan samapi dengan 1 gelas air saja. 

Dan, lanjutkan dengan meminum ramuan herbal daun sirsak tersebut sehari sekali secara teratur. Senyawa antioksidan dalam daun sirsak memang terkenal elok dalam menyembuhkan penyakit dan menjaga kekebalan badan kau dari serangan ragam penyakit.

6. Mengobati reumatik

Tidak hanya itu, daun sirsak juga sanggup mengobati reumatik secara alami.

Cara pemakaiannya cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan daun sirsak dan oleskan pada lokasi badan yang mengalami reumatik kurang lebih 2 kali sehari. Lakukan dengan rutin dan teratur, kemudian diamkan hinga ramuannya mengering.

 7. Melawan kuman dan menangkal perkembangan tumor

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan berikutnya yaitu melawan virus, bakteri, benalu dan pertumbuhan tumor. Daun sirsak diyakini mengandung senyawa penting, maka daun ini sanggup dipakai juga untuk menghambat kejang, menurunkan demam, darah tinggi, penyembuhan terhadap kaki bengkok, peradangan, menambah nafsu makan, dan melancarkan pencernaan.

Inilah 7 manfaat daun sirsak yang bisa kau gunakan untuk kesehatan diri kamu. Banyaknya manfaat yang bisa kau rasakan dari daun ini, tentunya bisa menjadi solusi beberapa penyakit yang kau alami ketika ini.

Cara Pengolahan Daun Sirsak untuk Obat Herbal Alami

1. Direbus

Untuk mengolah daun sirsak melalu proses direbus, kau sanggup siapkan 10-15 lembar daun sirsak. Cuci higienis terlebih dahulu, kemudian panaskan air sejumlah 600 cc (3 gelas) di atas api kecil, kemudian masukkan daun sirsak, tunggu hingga menguap dan tersisa air rebusan sejumlah 1 gelas.

Berdasarkan keterangan Stefanus dan Darmawan Tri Wibowo, orang yang berpengalaman di bidang budidaya tumbuhan sirsak dari Taman Wisata Mekarsari, ada baiknya kau merebus dengan menggunakan kendi atau panci dari tanah liat supaya kemurnian zat yang terdapat pada daun sirsak tetap terjaga. 

Setelah tersisa hingga 1 gelas, saring air rebusan tersebut hingga tidak ada remah-remah daun sirsak di dalam air. Minumlah selagi hangat secara teratur 3-4 kali sehari, ketika pagi, siang, senja dan malam. Metode merebus daun sirsak ini sesuai untuk penyembuhan penyakit kanker, asam urat, kolesterol dan diabetes.

2. Dikeringkan

Di samping dengan cara pengolahan direbus, kau juga sanggup mengolah daun sirsak dengan teknik pengeringan. Daun sirsak kering memiliki senyawa yang tetap sama dengan daun sirsak biasa, lantaran yang berkurang dalam proses pengeringan hanya dari kadar airnya saja.

Tahap pertama, basuh daun sirsak terlebih dahulu hingga bersih. Kamu sanggup mengeringkan daun sirsak di bawah sinar matahari. Usahakan kau tutupi daun sirsak dengan kain hitam supaya tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Setelah daun sirsak kering, kau sanggup merebus daun sirsak tersebut sejumlah 10-15 lembar daun ke dalam 400 cc air (2 gelas) di atas api kecil. Kemudian tunggu hingga menguap dan tersisa 1 gelas air. Minumlah selagi hangat secara rutin guna mendapat manfaat yang maksimal.

3. Ditumbuk

Cara pengolahan daun sirsak ini sesuai untuk duduk kasus dan pengobatan penyakit kulit. Cara ini paling efisien, praktis, dan tidak perlu waktu lama. Cukup siapkan 3-5 eksemplar daun sirsak yang sudah dibersihkan, lantas tambahkan ¼ gelas air (50 cc) air hangat untuk mempermudah proses penghancuran. Setelah itu, balurkan daun sirsak ke kulit yang bermasalah.

Itulah 3 cara pengolahan daun sirsak yang bisa kau coba sendiri di rumah. Bagaimana, manfaat daun sirsak ternyata banyak bukan? Selain alami, tumbuhan sirsak juga cukup gampang di temui di beberapa kawasan.

Kamu pun juga bisa menanamnya sendiri di rumah jikalau memang tertarik dengan pengobatan herbal ala daun sirsak ini.
Buka Komentar

0 Response to "Manfat Daun Sirsak Bagi Keshehatan & Cara Pengelolahannya"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel