5 Manfaat Buah Mahkota Tuhan Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Manfaat buah mahkota ilahi bagi kesehatan - mahkota ilahi atau tumbuhan yang benama latin phaleria macrocarpa memang dikenal sebagai salah satu dari beberapa jenis tumbuhan obat populer dan mujarao di indonesia. Buah mahkota ilahi sendiri berasal dari papua/irian jaya.

Mahkota ilahi biasanya ditanam sebagai salah satu flora untuk berteduh. Ukurannya pohon mahkota ilahi memang tidak terlampau besar, namun cukup tinggidi mana pohon ini bisa menjangkau hingga 3 meter. Pohon ini mempunyai buah yang berwarna merah menyala dan tumbuh dari batang utama hingga ke ranting. Buah itulah yang dikenal dengan nama buah mahkota dewa.

Untuk bisa meningkatkan masa simpan buah mahkota dewa, maka banyak yang memakai cara pengawetan yang berbeda-beda dan beranekaragam. Salah satunya dengan proses pendinginan, pengalengan, dan pengeringan. Pengeringan bertujuan untuk meminimalisir kadar air dalam materi tersebut, hal ini dilaukan untuk menekan air yang tersisa sehingga tidak mikroba perusak yang terdapat di dalam buah mahkota ilahi sanggup diminimalisir, dengan kata lain masa simpan buah mahkota ilahi tersebut pun sanggup lebih lama.

Manfaat buah mahkota ilahi bagi kesehatan 5 Manfaat Buah Mahkota Dewa bagi Kesehatan dan Pengobatan
Gambar buah mahkota ilahi via wikipedia.com
5 Manfaat mahkota untuk kesehatan badan dan pengobatan bermacam-macam penyakit

Nah, kemudian apa saja manfaat buah mahkota ilahi ini bagi kesehatan orang yang mengkonsumsinya, berikut ini ulasannya

Mahkota ilahi bermanfaat untuk meredakan flu, pilek, dan batuk

Manfaat mahkota ilahi yang pertama yaitu sebagai obat alami dalam mengobati flu, batuk, dan pilek. Flu atau influenza merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus yang menyerang sistem pernafasan diantaranya hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Untuk tanda-tanda flu ini, umumnya diawali dengan beberapa tanda-tanda yang mencakup sakit kepala, berkurangnya nafsu makan, batuk-batuk, demam, dan sakit pada tenggorokan. Tentunya kau niscaya bertanya-tanya, mengapa buah mahoota ilahi ini bisa meredakan flue, pilek dan batuk? 

Nah, buah mahkota ilahi ini memang mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit tersebut. Senyawa tersebut yaitu flavonoid yang mempunyai kegunaan untuk memningkatkan daya tahan dan kekebalan badan semoga tidak praktis terjangkit penyakit. Kandungan polifenol pada buah mahkota ilahi juga mempunyai kegunaan sebagai antioksidan untuk menjaga dan memperkuat daya tahan tubuh. 

Buah mahkota ilahi ini pun berisi senyawa saponin yang bisa menambah kekebalan badan dan daya imun badan bagi yang mengkonsumsinya. Fenol dalam buah mahkota ilahi mempunyai khasiat antisepetik untuk memberantas kuman penyebab flu dan batuk.

Manfaat buah mahkota ilahi untuk menangkal radikal bebas penyebab sel kanker, jantung, stroke, dan alzeimer

Buah mahkota ilahi juga dipercaya sebagai obat alami dalam mencegah radikal bebas. Radikal bebas ialah sumber dari bermacam-macam penyakit didalam tubuh, yang diantaranya cukup berbahaya. Penyakit tersebut antara lain kanker, jantung, stroke, dan alzeimer. Radikal bebas pun sanggup menimbulkan penuaan dini. Pemicu penyakit tersebut diantaranya kareana asap rokok, polusi udara, radiasi uv, pestisida, konsumsi obat-obatan berlebihan, dan lain-lain. Dampak penyebab radikal bebas pada tubu,h efek terburuknya mengakibatkan penyakit kronis dan kehancuran jaringan tubuh.

Senyawa flavonoid dalam buah mahkota ilahi mempunyai kegunaan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dari sinar uv matahari dan polusi dari udara yang masuk kedalam tubuh, dan bisa menimbulkan sel-sel kanker. Di samping itu, kandungan senyawa polifenol dalam buah mahkota ilahi juga mempunyai kegunaan untuk menangkal radikal bebas yang sanggup merusak sel-sel badan dan jaringan tubuh. Senyawa lain dalam buah ini, yaitu saponin juga mempunyai kegunaan dalam mencegah radikal bebas yang sanggup menimbulkan sel-sel kanker.

Buah mahkota ilahi bermanfaat dalam mengobati asam urat

Manfaat lain dari buah mahkota dewa, salah satunya ialah mengobati asam urat. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang sanggup mengakibatkan rasa nyeri yang hebat, dengan timbulnya pembengkakan, dan rasa panas pada persendian, khususnya pada jari tangan, kaki, pergelangan kaki, dan lutut. Rasa sakit yang luar ini sanggup berlangsung cukup lama, yaitu hingga 3-10 hari sampai-sampai penderitanya bisa tidak sanggup bergerak secara leluasa.

Asam urat sanggup disebabkan oleh rujukan makan yang tidak baik, ibarat jeroan hewan, makan laut, kerang, kepiting, dan daging merah. Menumpuknua asam urat dari makan-makanan itu sanggup menimbulkan asam urat. Cara mengobati penyakit asam urat bekerjsama cukup dengan menurunkan kadar asam urat pada tubuh. 

Senyawa flavonoid dalam buah mahkota ilahi bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi tersebut. Selain itu anti inflamasi atau anti peradangan dalam buah ini juga sanggup meredakan pembengkakan dampak penyakit asam urat.

Manfaat mahkota ilahi untuk mengobati disentri

Manfaat mahkota ilahi selanjutnya yaitu mengobati disentri. Disentri merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kuman dan bakteri. Disentri serupa dengan diare tetapi penderita penyakit iniakanmengelurkan lendir dan bercak darah yang diakibatkan oleh kuman pada usus dan organ pencernaan.

Disentri terbagi menjadi dua penyebab yakni yang diakibatkan oleh kuman shigella dan yang diakibatkan oleh amoeba. Bahkan di dunia ada 1,1 juta orang yang meregang nyawa lantaran dampak disentri ini. Diperkirakan60% nya ialah bawah umur dan balita.

Buah mahkota ilahi yang mengandung senyawa bermanfaat ibarat alkaloid juga diyakini mempunyai khasiat anti kuman yang sanggup memberantas kuman di dalam tubuh. Kandungan saponin pada buah mahkota ilahi mempunyai khasiat antibakteri untuk memberantas kuman penyebab disentri. Fenol dalam buah mahkota ilahi ini pun berisi antiseptic yang bisa memberantas kuman penyebab disentri.

Manfaat mahkota ilahi sebagai obat hepatitis

Siapa sangka buah mahkota ilahi ternyata bisa mengobati hepatitis. Penyakit hepatitis sendiri diakibatkan oleh virus hepatitis. Virus ini menyerang dan menimbulkan peradangan pada hati. Penyakit ini mengganggu kinerja hati dalam menetralisir racun dan pencernaan kuliner dalam proses menguraikan sari-sari kuliner guna disebarkan keseluruh tubuh.

Kandungan flavonoid dalam buah mempunyai kegunaan antioksidan untuk menekan perkembangan virus hepatitis ini. Buah mahkota ilahi mengandung senyawa alkaloid yang mempunyai khasiat anti virus untuk membasmi virus dari hepatitis ini.

Nah, itulah 5 manfaat buah mahkota ilahi bagi kesehatan dan pengobatan penyakit. Selain alami, buah ini pastinya juga bebas efek samping.
Buka Komentar

0 Response to "5 Manfaat Buah Mahkota Tuhan Bagi Kesehatan Dan Pengobatan"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel