5 Aplikasi Pendeteksi Gempa Untuk Smartphone

Gempa bumi bermaginitudo 7 gres saja mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/2018) pukul 18.64. Getaran gempa dirasakan hingga lokasi sekitar yakni Bali, Nusa Tenggara Timur, hingga sebagian Jawa Timur. Menurut catatatan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Senin siang (6/8/2018), tercatat korban meninggal dunia mencapai 91 orang.

 Getaran gempa dirasakan hingga lokasi sekitar yakni Bali 5 Aplikasi Pendeteksi Gempa Untuk Smartphone


Ini bukanlah kali pertama atau kedua, Indonesia diguncang gempa dan musibah lain menyerupai letusan gunung merapi. Berada di Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik, Indonesia berada di jalur gempa teraktif di dunia dan berada di tiga tumbukan lempeng benua yakni Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik. Tak dipungkiri, sulit untuk mengetahui kapan musibah menyerupai gempa Lombok terjadi. 

Namun ada beberapa aplikasi yang sanggup membantu menawarkan informasi penting dan konkret ketika peristiwa terjadi.

1. Info BMKG

 Getaran gempa dirasakan hingga lokasi sekitar yakni Bali 5 Aplikasi Pendeteksi Gempa Untuk Smartphone

Info BMKG ialah aplikasi resmi yang diluncurkan oleh BMKG. Ada beberapa fitur yang disediakan menyerupai notifikasi gempa bumi, peringatan dini cuaca, dan info konkret seputar BMKG. 

Pengguna juga sanggup memperoleh informasi seputar prakiraan cuaca menurut lokasi. Untuk informasi gempa bumi, hanya gempa bermagnitudo di atas 5 skala richter saja yang akan muncul sebagai notifikasi, dilengkapi dengan jarak epicentrum ke lokasi pengguna. 

Aplikasi ini sanggup diunduh di Google Play Store di tautan ini dan didapatkan di iTunes melalui tautan ini. BMKG merekomendasikan untuk pengaturan lokasi ke mode High Accuracy, semoga info yang didapat lebih akurat.




2. Earthquake Alert!

 Getaran gempa dirasakan hingga lokasi sekitar yakni Bali 5 Aplikasi Pendeteksi Gempa Untuk Smartphone

Aplikasi ini mempunyai jumlah unduhan mencapai 1-5 juta. Earthquake Alert! ini sanggup diunduh sesuai dengan smartphone yang dipakai baik ukuran filenya maupun versi androidnya. Aplikasi ini tidak hanya sanggup membantu untuk mendeteksi gempa tetapi juga banyak fitur bermanfaat lainnya.













3. Earthquake Detector

 Getaran gempa dirasakan hingga lokasi sekitar yakni Bali 5 Aplikasi Pendeteksi Gempa Untuk Smartphone

Aplikasi deteksi gempa dengan besar 3,1 Mb ini sanggup dijalankan pada android versi 2.3.3 ke atas. Tampilan dari aplikasi ini terlihat sederhana, menyerupai hanya sebuah tombol start pada komputer.

Akan tetapi, fungsi dan manfaat aplikasi ini sangat penting. Aplikasi ini akan memperingatkan Anda kalau terjadi getaran akhir gempa sehingga Anda sanggup waspada dan segera menyelamatkan diri dan keluarga.

Cara penggunaan aplikasi ini juga mudah. Anda hanya tinggal membuka aplikasi dan menekan tombolnya. Sedangkan fitur-fitur yang sanggup Anda nikmati di antaranya alarm yang didesain dengan baik, alarm pemberitahuan juga sanggup diadaptasi dan diganti dengan ringtone yang terdapat pada ponsel, dan adanya iklan yang akan mendukung pengembang aplikasi ini.


4. Multi Measures: All-in-1 kit

 Getaran gempa dirasakan hingga lokasi sekitar yakni Bali 5 Aplikasi Pendeteksi Gempa Untuk Smartphone
Aplikasi satu ini memang bukan termasuk aplikasi khusus pendeteksi gempa. Akan tetapi, salah satu fitur dari aplikasi ini sanggup menjadi pendeteksi untuk gempa.

Muliti Measures mempunyai 12 alat di dalamnya yang mempunyai fungsi dan manfaat yang berbeda. 12 alat tersebut di antaranya Decibel, Teslameter, Compass, Timer, Seismometer, Metronome, Stopwatch, Spirit/Bubble Level, Surface Level, Plumb Bob, Protactor, dan Ruler.

Di antara 12 alat tersebut, Seismometer merupakan alat yang sanggup dipakai untuk mendeteksi gempa. Seismometer sanggup mendeteksi getaran dan gerakan dari perangkat. Selain sanggup membantu untuk mendeteksi gempa, alat ini juga sanggup membantu untuk mengetahui seberapa halus gerakan kendaraan beroda empat ketika dilakukan test drive.

5. Seismometer 6th

 Getaran gempa dirasakan hingga lokasi sekitar yakni Bali 5 Aplikasi Pendeteksi Gempa Untuk Smartphone

Seismometer 6th merupakan sebuah aplikasi yang sanggup dipakai untuk mendeteksi gempa yang sanggup dipakai untuk kepentingan lainnya. Hal-hal yang sanggup dilakukan oleh aplikasi ini selain untuk mendeteksi gempa di antaranya melindungi smartphone dengan memasang alarm dan mengecek kehalusan laju mobil.

Fitur yang sanggup didapatkan dari aplikasi ini di antaranya alarm dengan 3 level sensitivitas, sanggup mengekspor data melalui email, bunyi alarm yang sanggup disesuaikan, tersedia skala linear dan skala logaritma, dan masih banyak lagi.






Jadikan smartphone Anda bukan hanya sekadar teman untuk aktif di sosial media, tetapi juga menjadi teman untuk mengingatkan sebuah adanya peristiwa gempa bumi. Demikianlah pembahasan perihal 5 jenis aplikasi yang sanggup dipakai untuk mendeteksi gempa. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat untuk Anda semua.

Dari banyak sekali sumber

0 Response to "5 Aplikasi Pendeteksi Gempa Untuk Smartphone"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel