10 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan & Penjegahan Penyakit

Manfaat Daun Kelor – Tanaman ini mungkin tidak begitu banyak dikenal masyarakat luas, khususnya masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Namun siapa sangka, tumbuhan kelor nyatanya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Bagaimana tidak, mulai dari akar, batang, hingga daun tumbuhan ini bisa dimanfaatkan dan mempunyai khasiat yang luar biasa untuk tubuh.

Begitu pula dengan daunnya yang mempunyai nutrisi berkali-kali lipat kalau dibandingkan dengan jenis tumbuhan herbal lainnya.

Dilansir dari cantikitu.com, daun kelor ternyata mengandung 3 kali potassium pisang, 7 kali vitamin C buah jeruk, 4 kali kalsium susu, 4 kali vitamin A dari wortel, 25 kali zat besi bayam, bahkan hingga 3 kali protein yoghurt. Wow sungguh spektakuler bukan?

Memang, sudah dari dulu daun kelor diyakini sebagai tumbuhan mujarab. Hingga sekarang pun daun kelor masih diandalkan sebagai ekstrak ampuh untuk menangani banyak penyakit. Lalu, apa saja sih manfaat bagi daun kelor itu?

 Tanaman ini mungkin tidak begitu banyak dikenal masyarakat luas 10 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan & Penjegahan Penyakit

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Daun kelor mempunyai senyawa bersifat antiseptik, anti-inflamasi, dan antijamur. Sifat tersebut menciptakan daun kelor bisa menjaga dan kesehatan kulit.


Beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan kulit antara lain:

  1. Mempercepat proses pengobatan luka
  2. Mencegah terjadinya infeksi
  3. Mengurangi radang jerawat
  4. Melembabkan kulit
  5. Memperlambat terjadinya proses penuaan dini.

Tidak itu saja, sekarang daun kelor juga kerap dimasukan ke dalam materi parfum dan kosmetik. Berdasarkan keterangan dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, ekstrak daun kelor sanggup menangkal pembusukan dan bau tak sedap di kulit yang diakibatkan bakteri.

Untuk bisa mencicipi khasiat dari daun kelor tersebut, kau cukup mengoleskan minyak daun kelor ke sekitar lokasi kulit yang bermasalah. Namun bila tidak ada, silahkan tumbuk daun kelor secukupnya kemudian pakai sebagai masker wajah secara rutin.

2. Mengatasi Diabetes

Diabetes bisa muncul alasannya yaitu sensitivitas hormon insulin yang berkurang, terutama ketika tingkat gula darah dalam badan kau sedang meningkat drastis.

Berdasarkan keterangan dari penelitian yang dilakukan di University of Wiconsin LaCrosse, konsumsi daun kelor sanggup menunjukkan energi pada badan dan menekan tingkat gula. Dengan kata lain, mengonsumsi daun kelor secara teratur sanggup mengurangi meredakan tingkat gula dalam badan kamu.

Cara mengobati diabetes dengan daun kelor:

  1. Ambilah segenggam daun kelor yang masih hijau dan segar
  2. Kemudian, rebuslah dalam 3 gelas air
  3. Didihkan rebusan tadi hingga menjadi 1 gelas saja
  4. Setelah itu saring, kemudian minum paling tidak 3 hari sekali laukan sekitar 2 bulan secara berturut-turut.

3. Baik bagi Kesehatan Mata

Daun kelor mengandung 4 kali lebih banyak vitamin A dibanding pada buah wortel. Seperti yang telah banyak orang ketahui, vitamin A sangat baik sekali untuk membantu merawat kesehatan mata. Mengonsumsi daun kelor sanggup membantu mata biar lebih sehat dan jernih.

Di samping itu, daun kelor juga sanggup membantu penyembuhan penyakit mata. Caranya dengan mengonsumsi secara rutin, atau membasuhkan air rebusannya ke lokasi sekitar mata yang sakit. Sebaiknya lakukan hal tersebut secara hati-hati supaya tak terjadi iritasi.

4. Mencegah Kanker

Berdasarkan keterangan dari sebuah laporan yang di-publish oleh Asia Pacific Journal of Cancer Prevention, daun kelor berisi kandungan berupa adonan asam amino, fitonutrien karotenoid, antioksidan quercetin, dan senyawa antibakterial yang sanggup dimanfaatkan untuk menangkal pertumbuhan sel absurd penyebab kanker.

Jadi, untuk kau yang ingin terhindar dari kanker, usahakan untuk mengkonsumsi daun kelor secara berkala. Karena di samping ampuh, daun ini pun praktis sekali diperoleh.

5. Menyembuhkan Rematik

Rematik bisa diakibatkan alasannya yaitu tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Biasanya, para penderita rematik akan mencicipi nyeri sendi, dan tak jarang terjadi pembengkakan di sejumlah pada pecahan persendian.

Untuk menanggulangi rasa nyeri imbas dari rematik ini, kau sanggup menggunakan daun kelor. Daun kelor diyakini mengandung potassium yang sanggup meminimalisir asam urat dalam tubuh. Caranya mudah, hanya dengan mengonsumsi satu gelas perasan dari daun kelor secara rutin dan berkala.

6. Obati Sariawan

Salah satu penyebab sariawan ialah kurangnya konsumsi vitamin C. Nah, kau sanggup mengkonsumsi daun kelor alasannya yaitu daun ini mempunyai kandungan 7 kali lipat vitamin C lebih banyak dari.

Bila vitamin C terpenuhi, maka problem kesehatan pada verbal menyerupai sariawan dan panas dalam, akan sembuh dengan sendirinya. Caranya praktis kok, cukup dengan berkumur saja menggunakan air rebusan daun kelor, dikala sebelum tidur.

7. Menjaga kesehatan mood (pikiran dan saraf)

Sebagai salah satu tumbuhan berprotein tinggi dan kaya asam amino triptofan, daun kelor juga berfungsi untuk menjaga kesehatan pikiran dan saraf kamu.

Daun kelor bisa menambah hormon serotonin yang akan membantu meningkatkan perasaan (mood) menjadi lebih baik. Di samping itu, daun ini pun berisi antioksidan yang sanggup melindungi dan menjaga kesehatan tiroid.

Jika mood dalam suasana yang baik, maka saraf dan pikiran pun bakal bekerja menjadi lebih optimal.

8. Mencegah Osteoporosis

Kelor yaitu tumbuhan herbal yang mempunyai kandungan kalsium cukup baik. Bahkan berdasarkan keterangan dari para hebat gizi berpengalaman, kandungan kalsium pada daun kelor diyakini 4 kali lebih baik dari kalsium susu.

Kalsium mempunyai peranan yang cukup penting dalam menambah kepadatan tulang seseorang, hal ini baik untuk menangkal terjadinya keropos (osteoporosis). Sedangkan pada anak-anak, kalsium berfungsi untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

9. Mengobati Pegal Linu

Kandungan daun kelor terdapat senyawa mempunyai nama pterigospermin, di mana senyawa ini mempunyai sifat hangat apabila melekat pada kulit. Sifat hangat dari senyawa tersebut sanggup menolong merileksasi otot kram, pegal linu, dan keseleo.

Caranya:

  1. Tumbuk daun kelor yang masih hijau dan segar secukupnya
  2. Tempelkan ke lokasi yang bermasalah
  3. Diamkan sebentar, rasakan sensasi hangatnya
  4. Apabila rasa hangat telah hilang, segera ganti dengan daun kelor yang baru
  5. Lakukan hingga pegal linu yang kau rasakan mereda.

10. Menjaga kesehatan jantung

Karena mempunyai sifat anti-inflamasi, daun kelor juga digunakan dalam sistem penyembuhan kuno India (Ayurveda) untuk menangkal atau mengobati sakit maag, penyakit jantung, kerusakan pada ginjal, infeksi jamur, dan keluhan pada pencernaan.

Selain manfaat tersebut, tersebut daun kelor pun berisi kalium yang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi dalam darah, menghilangkan kolesterol, dan melebarkan pembuluh darah. Jika peredaran darah kita lancar, maka kinerja jantung pun bakal lebih ringan.

Efek Samping Daun Kelor bagi Tubuh

Daun kelor memang berisi banyak manfaat luar biasa. Akan tetapi, untuk kau yang memang menderita penyakit tertentu, misalnya kerikil ginjal, alergi, dan kerikil empedu, sanggup konsultasikan terlebih dulu ke dokter sebelum mengonsumsinya daun dari tumbuhan ini.

Sedangkan untuk ibu hamil dan menyusui, hindari konsumsi daun ini. Daun kelor sanggup menciptakan terjadinya kontraksi rahim sehingga menambah risiko keguguran.

Sedangkan ibu menyusui, hingga dikala ini belum ada penelitian yang menyatakan secara resmi apakah daun ini mengganggu melancarkan ASI atau tidak.

Itulah beberapa daftar penyakit yang bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi daun kelor. SEkian gosip seputar manfaat daun kelor bagi kesehatan kali ini.
Buka Komentar

0 Response to "10 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan & Penjegahan Penyakit"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel