Mengupas Lebih Dalam Tentang Virtual Reality (VR)

Mengupas Lebih Dalam Tentang Virtual Reality (VR) - Semakin berkembang pesanyanya bidang kajian ilmu teknologi baik teknologi teoritis maupun ilmu teknologi terapan, kini telah hadir beberapa alat canggih hasil dari pengembangan ilmu teknologi yang memiliki manfaat yang cukup banyak. Seperti yang baru baru ini banyak kita kenal dan kita gunakan adalah virtual reality atau yang lebih kita kenal yakni VR.

Mengupas Lebih Dalam Tentang Virtual Reality (VR)

Virtual Reality atau VR adalah sebuah penemuan teknologi yang menempatkan penggunanya untuk dapat berinteraksi secara langsung dengan dunia yang telah diciptakan oleh dunia maya sehingga secara tidak langsung, penggunanya tersebut merasakan sedang berada di dalam sebuah lingkungan dunia maya.

Ya, Virtual Reality atau VR ini merupakan suatu alat canggih yang mampu mengajak Anda untuk berimajinasi dengan suatu gambar objek, video, atau permainan game yang sebelumnya telah terintegrasikan dengan berbagai jenis gadget seperti smartphone, tablet, laptop, ataupun PC desktop. Jadi, Virtual Reality atau VR ini mampu menyuguhkan suatu objek baik dari gambar, video, ataupun game yang tampak nyata dan sesuai dengan realita sehingga alat ini dapat membantu Anda berimajinasi lebih jauh terhadap gambar, video ataupun permainan game.

Baca juga : Rekomendasi Smartphone ASUS Keluaran Terbaru Tahun 2018

Virtual Reality atau VR ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan kaca mata 3 D. Namun, memiliki ukuran yang lebih besar dan tidak memiliki kaca lensa tentunya. Virtual Reality atau VR ini tentu lebih bagus dibandingkan dengan kaca mata 3 D biasa. Sebab, biasanya kaca mata 3 D ini hanya khusus untuk digunakan ketika menonton suatu film saja. Sedangkan Virtual Reality atau VR ini dapat digunakan tidak hanya menonton video saja, namun juga dapat digunakan untuk melihat gambar dan juga memainkan game yang seolah-olah Anda memasuki dunia game dan Anda akan merasakan sensasi bermain game bak di dunia nyata.
Jadi, dengan menggunakan Virtual Reality atau VR ini memiliki fungsi yakni memberikan suatu pengalaman lebih dalam terhadap penggunannya guna merasakan suatu sensasi tersendiri berada di dunia nyata yang ada di dalam dunia maya.

Namun, belakangan ini Virtual Reality atau VR tidak hanya digunakan untuk bermain game, menonton film dan gambar saja. Seiring dengan perkembangan di bidang teknologi ini, maka Virtual Reality atau VR ini juga dapat digunakan di untuk kebutuhan industri, kedokteran, militer, arsitektur, dan bidang lainnya. Cara kerja dari Virtual Reality ini adalah membantu menstimulasikan suatu hal yang sulit untuk diterapkan secara langsung. Seperti pelatihan penerbangan, terlebih dahulu sebelum menjadi pilot wajib untuk mengikuti simulasi menerbangkan pesawat. Nah, dengan menggunakan Virtual Reality ini para calon pilot disuguhkan sebuah simulator yang hampir mirip dengan kemudi pesawat. Tentunya, hal ini dapat mengefisiensi biaya dan juga waktu bagi pemilik sekolah penerbangan.

Nah, jadi Virtual Reality atau VR ini memang sangat cocok dan tepat untuk Anda gunakan karena dapat menstimulus pengembangan imajinasi Anda lebih jauh. Selain itu, Anda juga dapat merasakan sensasi memainkan game yang seolah-olah game tersebut sangat nyata dan Anda merasa berada di dalam dunia nyata game tersebut yang berasal dari dunia maya.

Tak hanya itu saja, ternyata Virtual Reality atau VR ini juga dapat difungsikan untuk kebutuhan industri, kesehatan, penerbangan, militer, arsitektur, dan masih banyak bidang lainnya yang dapat diintegrasikan dengan menggunakan teknologi dari Virtual Reality atau VR ini.
Buka Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

 

Start typing and press Enter to search