Tips Memilih Makanan yang Baik Dikonsumsi di Bulan Puasa

Tips Memilih Makanan yang Baik Dikonsumsi di Bulan Puasa - Puasa merupakan ibadah yang tidak boleh dilewatkan ketika bulan Ramadhan bagi seluruh umat muslim. Ketika puasa kita diwajibkan untuk menahan segala nafsu baik haus maupun lapar. Kita juga diwajibkan untuk berpuasa selama kurang kebih 14 jam. Ketika berpuasa tubuh memerlukan lebih banyak nutrisi karena kita harus menahan lapar terutama haus. Untuk itu Anda harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang berkualitas selama berpuasa agar semua jenis kebutuhan tubuh tercukupi.

Baca juga : 8 Cara menaikkan Berat Badan secara Alami

Tahukan Anda puasa akan bermanfaat bagi kesehatan jika dilaksanakan dengan benar. Organ pada tubuh seperti hati, ginjal serta limpa berfungsi untuk mengeluarkan racun setiap harinya, racun tersebut berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Jadi puasa dapat membantu mengurangi racun dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi kerja organ tubuh tersebut.

Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Ketika Berpuasa

Selama berpuasa cukupilah kebutuhan nutrisi pada tubuh, agar keseimbangan tubuh tetap terjaga. Berikut beberapa macam makanan yang penting untuk Anda konsumsi ketika berpuasa :

1. Makan Sehat

Konsumsilah makanan sehat setelah berbuka maupun ketika sahur yang terdiri dari, roti atau nasi yang mengandung karbohidrat, ikan atau daging yang menjadi sumber protein, sayur dan buah – buahan yang mengandung vitamin serta susu dan produk olahan lainnya, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung sedikit lemak dan gula. Karna 2 hal ini juga dibutuhkan oleh tubuh jika dikonsumsi dengan tepat

2. Buah

Kurma dan buah – buahan lainnya sangat baik bagi tubuh. Jika Anda bosan, Anda bisa membuat variasi olahan seperti di buat jus atau smootie. Sebaiknya jangan terlalu banyak makan yang manis – manis untuk menghindari lonjakan gula darah

3. Air Putih

Air adalah komponen yang penting dalam tubuh, karna sebagian tubuh kita ini terdiri dari cairan. Minumlah air putih ketika sahur dan setelah berbuka puasa terutama sebelum tidur untuk menjaga tubuh dari dehidrasi / kekurangan cairan.

HINDARI MAKANAN DAN MINUMAN YANG TIDAK BAIK BAGI TUBUH

Selain harus mengkonsumsi makanan sehat, Anda juga dianjurkan untuk menghindarai makanan atau minuman yang tidak baik bagi tubuh, yaitu :

1. Makanan Tinggi Garam

Makanan yang mengandung garam merupakan suatu makanan yang mudah menimbulkan rasa haus. Jadi hindarilah makanan yang mengandung banyak garam ketika sedang menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan.

2. Makanan Berlemak

Hindari makanan yang mengadung banyak lemak seperti gorengan atau kari

3. Minuman Mengandung Kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan soda menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan lebih cepat melalui urine. Hindarilah minuman ini selama Anda berpuasa. Agar cairan dalam tubuh Anda tetap terjaga.

Selain memperhatikan makanan yang kita konsumsi, kita juga perlu memperhatikan tips – tips berikut ketika menjalani ibadah puasa.
  • Jangan Melewatkan Makan Sahur
Selama sehari kita harus menahan haus dan lapar selama kurang lebih 14 jam. Jadi sahur merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga asupan tubuh kita agar selama menjalankan puasa kita tidak merasa lemas dan dehidrasi
  • Makan Secukupnya
Selama berpuasa hindari konsumsi makanan atau minuman secara berlebihan. Karena asupan pada bulan puasa tidak berbeda saat tidak berpuasa.

Puasa dilakukan selama sebulan penuh setiap tahunnya. Selain untuk beribadah, puasa dapat menjadi salah satu cara untuk menjalani hidup sehat asal dengan pola yang baik juga seperti di atas. Itulah tips-tips memilih makanan yang baik dikonsumsi saat puasa. Semoga puasa Anda menjadi berkah dan utamakan kesehatan.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel