Cara Mencegah dan Mengatasi Kebotakan Dini

Cara Mencegah dan Mengatasi Kebotakan Dini - Banyak laki-laki usia 40 tahun sudah mengalami kebotakan dini, awalnya memang hanya terjadi kerontokan rambut namun tidak bisa tumbuh lebih cepat dari jumlah rambut rontok yang semakin bertambah. Selain itu, Anda yang menggunakan bahan di rambut, bahkan hingga kulit kepala, bisa menyebabkan kerontokan hingga kebotakan dini.

Baca juga : Manfaat Berjalan Kaki bagi Kesehatan kita

Hal ini tentu akan menurunkan rasa kepercayaan diri, apalagi jika harus bekerja kantoran. Sehingga menutupinya dengan topi, ini bukan solusi malahan semakin memicu kerontokan rambut lebih sering dari sebelumnya.

Ternyata ada cara alami yang terbukti efektif mencegah kerontokan rambut, ini bisa Anda lakukan setiap hari dan tidak mengganggu kegiatan harian. Bahkan beberapa diantaranya tidak perlu melakukan apapun, hanya perlu pengendalian diri Anda sendiri.

5 Solusi Mudah Mencegah dan Mengatasi Kebotakan Dini

Hindari Stres Berkepanjangan

Anda tentu akan menghadapi masalah tak berkesudahan, seperti urusan rumah tangga, pekerjaan bahkan lingkungan sekitar. Ini memang tidak akan ada habisnya, namun jangan terlalu dipikirkan hingga menyebabkan stres.

Jika hanya satu dua hari saja, tidak akan menimbulkan masalah. Namun jika mengalami tekanan hingga stres setiap harinya, maka bisa memicu terjadinya kerontokan rambut berlebih. Ini memang awalnya bisa Anda abaikan, namun setelah beberapa tahun maka akan terjadi kebotakan dini. Di mulai dari area tengah pusat, maka akan membesar hingga menyisakan rambut di bagian depan dan belakang.

Hindari Produk Perawatan Rambut Ekstrem

Banyak laki-laki usia 40 tahun tidak percaya diri dengan adanya rambut berwarna putih, ini hal yang normal dan bisa dialami semua orang. Bahkan bukan hanya orang tua saja, beberapa anak muda sudah mengalami hal tersebut, karena faktor stres dan keturunan.

Menggunakan produk perawatan rambut memang bagus, namun pikirkan efek jangka panjang. Seperti pewarna rambut, gel yang dapat mempertahankan bentuk rambut hingga memberikan efek samping tertentu. Di masa muda memang tidak akan terasa efeknya, namun memasuki usia 40 tahun, sudah ada banyak hormon yang berkurang bahkan berhenti berproduksi.

Minyak Lavender

Ini merupakan minyak yang paling cocok mengatasi kerontokan rambut, dimana bisa merangsang pertumbuhan dan menguatkan hingga folikel rambut dan memberikan antioksidan sehingga mencegah terjadinya peradangan pada kulit kepala.

Gunakan di malam hari sebelum tidur, oleskan pada seluruh bagian kepala, terutama di bagian yang mengalami botak atau kerontokan paling banyak. Tutup dengan plastik dan bilas saat mandi, ini akan memberikan hasil terbaik jika digunakan setiap harinya.

Ginseng

Bukan hanya untuk menjaga ketahanan tubuh, namun juga mengandung farmakologis, dimana bisa mengurangi terjadinya peradangan. Bahkan terdapat pula alopecia areata yang bisa membantu pertumbuhan rambut, ini banyak digunakan untuk usia lanjut.

Sudah tersedia multivitamin tersebut dalam bentuk kapsul, tablet dan gel. Ini bisa Anda gunakan setiap harinya, bukan hanya memberikan manfaat untuk rambut, namun seluruh tubuh dan menjaga kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Makanan Tinggi Kandungan Seng

Anda suka seafood? Ini menu makanan tepat untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok hingga kebotakan dini. Kadar seng tertinggi adalah pada kerang, kepiting dan lobster. Ini bisa Anda konsumsi setiap harinya, jika kurang suka seafood bisa konsumsi bayam, jamur dan daging ayam.

Baca juga : Manfaat Bermain Bulu Tangkis bagi Kesehatan Kita

Anda tidak perlu takut dan bingung jika mengalami kerontokan pada rambut, ini hal normal asalkan jumlahnya masih terkontrol dengan baik. Namun jika rambut sudah terasa lebih tipis dan mudah rontok, maka harus mendapatkan vitamin rambut dan menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya, hindari stres dan memikirkan masalah berkepanjangan, ini tidak akan memberikan solusi, malahan penyakit.

Sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/mengobati-rambut-rontok-alopecia-areata/

0 Response to "Cara Mencegah dan Mengatasi Kebotakan Dini"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel