Manfaat Bermain Bulu Tangkis bagi Kesehatan Kita

Manfaat Bermain Bulu Tangkis bagi Kesehatan Kita -Berolahraga merupakan aktivitas yang banyak kita jumpai dibeberapa tempat. Bulu tangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga yang banyak digemari di Indonesia. Banyak peminat dari olahraga bulutangkis ini berawal dari banyaknya prestasi yang dihasilkan oleh atlit-atlit Indonesia dikejuaraan dunia, sehingga menjadi pemicu animo masyarakat untuk bermain bulu tangkis.

Baca juga: 8 Cara menaikkan Berat Badan secara Alami

Olahraga Bulu tangkis merupakan jenis olahraga yang sangat baik manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Dengan bermain bulu tangkis maka badan kita terasa sehat, ringan dan kuat. Ini disebabkan pada olahraga bulu tangkis hampir semua bagian tubuh kita ikut aktif bergerak sehingga sangat berdampak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Bermain Bulu Tangkis bagi Kesehatan Tubuh

Artikel ini akan memaparkan tentang apa “manfaat bermain bulu tangkis bagi kesehatan kita” yaitu sebagai berikut;

1. Melatih fungsi otak bekerja dengan baik

Olahraga bermain bulu tangkis merupakan permainan yang memerlukan daya pikir, khususnya dalam mengatur strategi dalam menempatkan bola, mengatur serangan dan bertahan yang melibatkan otak berfikir dengan cepat dan tepat. Inilah olahraga yang baik dalam melatih fungsi otak agar tetap segar dan sehat.

2. Dapat membuat kita berumur panjang

Bermain bulutangkis dalam 30 menit saja setiap hari, maka kita dapat terhindar dari resiko kematian sebesar 23 % dan juga bisa memperpanjang usia kita 2 tahun lebih panjang.

3. Menjaga kepadatan pada tulang

Bermain bulu tangkis bagi orang muda sangat baik dalam pembentukan kepadatan pada tulang. Dengan memukul bola menggunakan raket dan melompat dalam menjangkau bola akan membantu menciptakan pertumbuhan tulang yang padat secara alami.

4. Mencegah kegemukan atau obesitas

Bermain bulutangkis dapat mencegah obesitas dengan mereduksi kolesterol yang berlebihan dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan kolesterol baik saja (HDL).

5. Bisa menurunkan berat badan

Bermain bulu tangkis sangat cepat mengeluarkan keringat sehingga sangat baik bagi orang yang dalam proses menurunkan berat badan.

6. Dapat membentuk tubuh ideal

Dengan gerakan-gerakan seperti memukul bola, mensmash bola, berjalan, berlari dan melompat merupakan gerakan lengkap dalam olahraga bulu tangkis. Dapat membentuk tubuh ideal, meninggikan badan dengan cepat jika kita rutin bermain bulu tangkis.

7. Kekuatan kaki akan meningkat

Dengan berolahraga bulu tangkis yang rutin juga akan berdampak pada pembentukan kaki-kaki yang kuat. Berlari kekiri kekanan kemuka dan kebelakang bahkan melompat kesana kemari sangat ampuh membuat kekuatan kaki kita akan meningkat.

8. Dapat melatih gerakan reflek tubuh

Gerakan reflek tubuh sangat-sangat diperlukan dalam bermain bulu tangkis. Mengapa? Olahraga ini diperlukan pemikiran yang sangat cepat dan bergerak juga dengan cepat sehingga dapat menempatkan bola atau shuttlecok dengan tepat dan cepat.

9. Bermanfaat bagi orang hipertensi

Dikarenakan mampu meningkatkan sirkulasi darah secara normal dan menyehatkan pembulu darah, maka bermain bulu tangkis sangat baik bagi anda penderita hipertensi.

10. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Bermain bulu tangkis sangat menguras banyak keringat sehingga sangat baik dalam mengeluarkan racun dalam tubuh (detoksifikasi).

11. Mencegah resiko penyakit jantung

Bermain bulu tangkis juga dapat menguatkan otot-otot jantung, meningkatkan denyut jantung yang normal dan detakkan teratur sehinggaresiko penyakit jantungpun dapat dicegah.

12. Mencegah resiko penyakit kanker

Kita tahu bersama bahwa kanker adalah penyakit yang menakutkan diseluruh dunia karena penyakit kanker adalah mematikan. Maka bermain bulu tangkislah agar anda terhindar dari kanker yang mematikan itu.

Wahh...banyak ya manfaat bermain bulu tangkis bagi kesehatan kita. Penulis mengucapkan terima kasih bagi anda yang telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam sehat selalu.
Buka Komentar

0 Response to "Manfaat Bermain Bulu Tangkis bagi Kesehatan Kita"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel