Cara mengatasi Batuk Berdahak pada Anak tanpa harus ke Dokter


Batuk berdahak pada orang dewasa mungkin sudah biasa karna kita bisa mengurus diri kita sendiri bagaimana nyamannya saat terjadi batuk berdahak. Lalu bagaimana jika terjadi pada buah hati kita ? sangat mengganggu dan biasanya membuat orang tua khawatir bahwa buah hatinya jatuh sakit. Batuk berdahak biasanya disertai dengan demam, sesak nafas, sakit di dada, sakit tenggorokan, hidung tersumbat dan berair bahkan bisa terjadi kehilangan nafsu makan. Bila terjadi pada orang dewasa mungkin kita bisa saja mengurus diri sendiri dan menahan rasa sakitnya. Lalu, bagaimana jika terjadi pada buah hati kita ?

Baca juga: Inilah Kekurangan dan Kelebihan KB Spiral

Batuk berdahak pada si kecil terjadi karena adanya iritasi pada saluran pernafasan, sehingga menimbulkan lendir. Sebenarnya batuk merupakan salah satu cara untuk mengeluarkan dahak dari saluran pernafasan. Sebaiknya jangan buru – buru untuk memberikan obat pada si kecil. Selain itu, biasanya anak – anak sangat susah sekali untuk minum obat. Anda dapat melakukanlah beberapa hal dibawah untuk mengatasi batuk berdahak pada anak :

6 Cara mengatasi Batuk Berdahak pada Anak anda

1. Cukupi Kebutuhan Air

Jagalah asupan air si kecil. Berilah minum secara berkala, hal ini juga membantu agar anak tidak terjadi dehidrasi saat demam. Air akan membantu mengencerkan lendir yang ada ditenggorokan si kecil. Dan dapat mencegah terjadinya penumpukan lendir yang berlebih. Sangat disarankan untuk memberikan air hangat atau sup pada si kecil untuk mengurangi rasa sakit di dada dan mengeluarkan dahak.

2. ASI

Bagi anak yang masih berusia dibawah 6 bulan dan sedang mengkonsumsi ASI eksklusif, bunda disarankan untuk lebih sering memberi anak ASI.

3. Madu

Madu dipercaya dapat meredakan batuk baik bagi orang dewasa maupun anak sehingga membuat si kecil dapat tidur nyenyak. Caranya campurkan madu kedalam teh hangat, berikan pada anak terutama sebelum tidur. Ingat, jangan berikan madu ke anak yang berusia dibawah 12 bulan karena bisa menyebabkan botulisme.

4. Mengeluarkan Lendir

Batuk berdahak dapat membuat hidung tersumbat dan membuat si kecil batuk – batuk dimalam hari sehingga jadi sulit tidur. Bunda dapat menggunakan campuran garam tanpa yodium dan baking soda kemudian semprotkan menggunakan neti pot ke hidung si kecil. Cairan garam akan membersihkan lendir yang berada di rongga hidung.

5. Menopang Kepala Saat Tidur

Agar si kecil lebih nyenyak dan nyaman ketika tidur, aturlah ketinggian bantal si kecil sedikit lebih tinggi. Agar si kecil jadi mudah bernafas dan tidak tersumbat.

6. Hindari Polusi Udara

Jauhkan si kecil dari polusi udara seperti debu, asap rokok, asap kendaraan dan sebagainya yang dapat mencemari udara

Obat berdahak memang bisa membantu meredakan batuk berdahak. Namun sebaiknya gunakanlah obat yang sesuai resep dokter. Dan hindarilah obat yang beredar tanpa resep dokter. Namun bunda harus tetap hati – hati dan waspada karena batuk berdahak pada buah hati Anda bisa sebabkan oleh berbagai hal seperti sinusitis, asma, radang paru – paru (pneumonia), bronchitis, batuk rejan, hingga tuberculosis. Selain disebabkan dari berbagai penyakit tersebut, batuk berdahak juga bisa disebabkan karena terlalu banyak terpapar udara berpolusi terutama asap rokok.

Demikian ulasan saya mengenai batuk berdahak pada anak. Jika tidak kunjung sembuh selama 2 minggu sebaiknya segera hubungi dokter untuk memastikannya, selamat mencoba dan semoga cepat sembuh.

Silahkan tulis pendapat, kritik dan saran Anda pada kolom komentar. Akhir kata saya ucapkan terima kasih.

0 Response to "Cara mengatasi Batuk Berdahak pada Anak tanpa harus ke Dokter"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel