Astronom Asal Meksiko Guillermo Haro Ada di Google Doodle Hari Ini

Google Doodle Hari Ini Guillermo Haro - Hari ini, Rabu (21/3/2018), ketika anda membuka laman penelusuran Google akan terlihat langit di malam hari yang dihiasi oleh bintang-bintang yang menyusun merek perusahaan guna Google Doodle-nya.

Namun bila diacuhkan lebih dekat, kamu akan melihat sosok wajah lelaki berkacamata dengan kumisnya.

Saat kursor mouse ditaruh di atas Google Doodle, maka hadir tulisan "Guillermo Haro' 105th Birthday" atau "Ulang Tahun Guillermo Haro ke-105".

Siapa Guillermo Haro yang nongol di laman penelusuran utama kepunyaan Google tersebut?

Dikutip dari laman Google, Guillermo Haro, ialah astronom asal Meksiko yang sukses menemukan tipe planet nebula yang diberi nama Herbig-Haro.

Tak melulu itu, ia pun menemukan bintang suar (flare star)--bintang cerah berwarna merah dan biru--di distrik rasi bintang Orion.

Berkat kontribusinya ini, Haro menjadi orang Meksiko kesatu yang terpilih masuk ke dalam Royal Astronomical Society pada 1959.

Berkat kontribusinya, Google pun memuliakan Guillermo Haro yang ketika ini berulang tahun ke 105 dengan Google Doodle yang lumayan unik.

Kisah Guillermo Haro Sang Astronom Asal Meksiko


Sekadar informasi, Guillermo Haro bermunculan di Meksio pada 1913. Hari tumbuh dewasa sekitar revolusi Meksiko dan lulus dari jurusan filsafat sebelum akhirnya mengawali karir di bidang astronomi.

Di samping pencapian yang dinamakan di atas, Haro pun mampu mengkatalog 8746 bintang berwarna biru yang menuju kutub galaksi utara.

Guillermo Haro pun menemukan sebanyak bintang T Tauri, satu supernova, dan lebih dari 10 novae, dan satu komet. Demikian yang dilansir dari laman Wikipedia, Rabu (21/3/2018).

(Ysl/Isk)

Sumber: Liputan6
Buka Komentar
 

Start typing and press Enter to search