Sunday

3 Cara Mudah Memperbaiki Memory Card yang Rusak Parah

3 Cara Mudah Memperbaiki Memory Card yang Rusak Parah

Baca Juga

Banyak sekali orang yang mengalami masalah kerusakan pada Kartu Memori/MicroSD. Untuk itu saya akan berikan 3 Cara Mudah Memperbaiki Memory Card yang Rusak Parah dan bisa Anda lakukan sendiri.

Baca Juga: Tips Hemat kuota Streaming Video Youtube di Android

Sebenarnya harga memory card untuk saat ini sangatlah terjangkau, tergantung dengan kapasitas, jenis dan model Memory cardnya. Namun hal tersebut tidak dibutuhkan jika File/Data yang berada pada memory card tersebut adalah data yang cukup penting. Contoh. File Sekripsi kampus, File Foto keluarga, Atau File-file penting lainnya. Maka dari itu saya membuat artikel kali ini yang terbukti dapat mengatasi permasalahan tersebut. Langsung saja simak ke 4 Tips nya dibawah ini, agar file penting memory card kembali. Atau setidaknya bisa dipindahkan ke penyimpanan lainnya.

3 Cara Mudah Memperbaiki Memory Card yang Rusak Parah
Error pada memory card sudah bukan hal asing lagi bahkan banyak orang yang kebingungan akan permasalahan yang satu ini, alangkah baiknya jika anda coba ketiga cara dibawah ini, yang mungkin dapat memperbaiki memory card anda yang rusak parah

3 Cara Mudah Memperbaiki Memory Card yang Rusak Parah

Untuk mengatasi permasalahan MicroSD tidak terbaca pada smartphone Android Anda, disini saya siapkan 3 cara mudah agar Anda dapat memperbaiki MicroSD/Memory Card yang rusak parah tersebut. Simak ke 4 tips nya dibawah ini

3 Cara Mudah Memperbaiki Memory Card yang Rusak Parah

1. Bersikan Memory Card (kartu memori)

Membersihkan kartu memori bisa anda lakukan dengan mudah. akan tetapi jangan menggunakan air atau lap basah ya!!. Anda bersihkan saja menggunakan penghapus, usahakan menggunakan penghapus putih dan bersihkan bagian tembaga yang warna kuning. Anda usap/gosok secara perlahan-lahan.
3 Cara Mudah Memperbaiki Memory Card yang Rusak Parah
bersihkan dengan penghapus putih pada bagian keemasan pada memory card
Kemudian jika dirasa sudah bersih dari kotoran kotoran pada kartu memori, silahkan Anda letakkan memori tersebut pada tempatnya (Slot Memori).

2. Lakukan pengeckan Error memori dari PC

3 Cara Mudah Memperbaiki Memory Card yang Rusak Parah
Gunakan PC atau komputer untuk melakukan pengecekan error pada memory card
Pertama Anda harus mengaktifkan USB Debugging di Android, Caranya bisa Anda baca pada Artikel saya sebelumnya tentang cara mudah masuk USB Debugging.

Lalu Silahkan Anda hubungkan Android dengan komputer. Jika Android sudah terbaca, Anda buka "Windows Explorer", lalu cari Drive memori yang error>Klik kanan>pilih "properties">Tools Error Checking, kemudian Anda tunggu hingga proses pengecekan error selesai.
Selanjutnya Anda keluarkan Android Anda dari komputer dengan melakukan Eject, Dan setelah itu silahkan Anda Restart Android dan lihat apakah memory card sudah terbaca atau belum.

3. Lakukan Format kartu memory (memory card) atau MicroSD

Ada 2 Cara untuk melakukan format memory card, yaitu langsung dengan menggunakan Android. Atau bisa menggunakan Komputer (PC).  Langikah langkahnya:
  • Cara Format memory crad melalui Android
    • Masuk Setting
    • Cari Storage atau penyimpanan
    • Kemudian Anda pilih Erase SD Card
    • Lalu cek, sekarang memory Anda telah berhasil di format.
  • Cara Format Melalui Komputer atau PC
    • Cara ini bisa saja Anda lakukan jika Memory terbaca di komputer naamun tidak terbaca pada Android Anda. langkah-langkanya.
    • Silahkan Anda buat sebuah Folder baru pada salah satu local disk Komputer dengan Nama yang mudah Anda ingat (bebas).
    • Silahkan Anda salin seluruh file data memory Card, lalu temple/paste pada folder yang telah Anda buat sebelumnya. Setelah proses penyalinan telah selesai sekarang silahkan Anda Format memory Anda dengan cara klik kanan pada drive Memory Card lalu pilih Format.
    • Lalu Silahkan Anda lakukan pengecekan kembali pada Android Anda.
      3 Cara Mudah Memperbaiki Memory Card yang Rusak Parah
      lakukan pengecekan kembali pada memory card
Bagaimana Apakah Sekarang Memory Card Anda sudah dapat digunakan kembali? Jika Memory Card masih saja tidak bisa digunakan, maka Memory card Anda sudah dipastikan benar benar rusak parah!! Dan solusi terakhir Anda harus membeli sebuah memory card baru. Namun jangan Asal membeli Memory card, karena memory card juga mempengaruhi performa Android Anda.

Demikian saja artikel yang saya terbitkan kali ini tentang 3 Cara Mudah Memperbaiki Memory Card yang Rusak Parah, semoga artikel yang saya bagikan kali ini dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda. Thankyou for Visiting !!
Load disqus comments

0 komentar