Thursday

Tips Mengatasi Windows 10 yang Error dengan Mudah

Tips Mengatasi Windows 10 yang Error dengan Mudah

Baca Juga

Tips Komputer - Error pada Windows 10 memang sering terjadi dan kebanyakan pengguna windows 10 bingung untuk mengatasinya.

Untuk itu saya akan berikan Tips terakhir setelah berbagai cara dilakukan untuk mengatasi error tersebut. Cara terakhir yaitu Menggunakan Tool system restore point, dengan begini anda bisa mengembalikan windows anda ke kondisi semula saat terkhir anda melakukan backup windows. Jadi anda sudah tidak perlu khawatir apabila windows anda terinfeksi virus atau mengalami error, karena anda bisa mengembalikannya ke kondisi semula.
Tips Mengatasi Windows 10 yang Error dengan Mudah

Baca Juga: Mengatasi masalah VGA dengan Cara Kembali ke Dedault VGA

Sebelum melakukan Restore alangkah baiknya anda mengerti hal ini:
Ketika anda melakukan restore Windows 10 akan benar-benar mengembalikan semua file seperti semula. Semua file, dokumen, foto, ataupun hal lainnya yang telah anda buat sebelumnya akan hilang. Missal anda membuat Restore point pada tanggal 01 januari 2017 maka jika anda melakukan restore sekarang maka semua file dokumen anda akan hilang dari tanggal 01 januari hingga sekarang akan hilang.


Aplikasi yang anda install setelah pembuatan Restore point tadi akan terhapus. Dan apabila anda mengupdate windows dan aplikasi lainnya setelah pembuatan restore point tersebut, maka update yang anda lakukan tersebut sepenuhnya kembali ke keadaan sebelum anda update.
Lantas bagaimana melakukan System Restore Point tersebut? Sangat mudah lihat langkah-langkah yang saya berikan kali ini.

Langkah-langkah melakukan system restore point pada windows 10

1. Pertama anda tekan tombol Windows+R pada keyword untuk membuka jendela “Run”. Setelah jendela Run terbuka anda ketikkan “System.cpl” tanpa tanda kutip. Untuk membuka System Properties.

Tips Mengatasi Windows 10 yang Error dengan Mudah

2. Setelah Jendela properties terbuka kalian masuk ke tab “System Protection”.

Tips Mengatasi Windows 10 yang Error dengan Mudah

3. Setelah itu pada bagian Protection Settings, Pastikan anda proteksi untuk bagian drive system (Partisi windows/Local Disk C).Selanjutnya pada bagian System Restore kalian klik label “System Restore” untuk membuka jendela System Restore Wizard.

Tips Mengatasi Windows 10 yang Error dengan Mudah

4. Kemudian anda klik “Next” untuk melihat semua restore point yang pernah anda buat sebelumnya.

Tips Mengatasi Windows 10 yang Error dengan Mudah

NB:Jika sebelumnya anda pernah menggunakan System Restore Pont, anda akan melihat jendela seperti gambar dibawah ini dengan opsi pilihan membatalkan system restore, tidak usah bingung, kalian pilih saja “Choose a different restore point”Kemudain anda pilih “Next” Untuk menampilkan semua restore point yang pernah dibuat.

5. jika Anda memiliki restore point yang tersembunyi, Anda bisa pilih opsi dengan label “Show more restore points” untuk menampilkan semua jenis restore point yang pernah anda buat.

Tips Mengatasi Windows 10 yang Error dengan Mudah

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, restore point paling baru ditampilkan pada daftar paling atas beserta tanggal, waktu, dan keterangan.

    Ada baiknya Anda melihat aplikasi apa saja yang akan dihapus jika Anda mengembalikan Windows 10 Anda menggunakan restore point. Untuk melihat aplikasi yang terkena dampak, pilih restore point yang ingin Anda gunakan lalu klik “Scan for affected programs”.

Tips Mengatasi Windows 10 yang Error dengan Mudah

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, Windows akan menampilkan semua aplikasi dan driver yang terhapus ketika Anda melakukan restore Windows Anda menggunakan restore point. Jika ada aplikasi yang diperbarui setelah membuat restore point, maka aplikasi tersebut akan dikembalikan ke versi sebelumnya.

Baca Juga: Cara Sharing Koneksi Internet dari Laptop/PC dengan Virtual Router Manager Plus

Sebagai contoh, jika Anda menginstall Firefox versi 42 ketika membuat restore point lalu di update ke versi 43 sehari setelah membuat restore point, maka Windows akan mengembalikan Firefox ke versi 42 ketika menggunakan restore point yang dibuat tadi. Sebenarnya bukan masalah yang besar, karena Anda dapat kembali mengupdate semua aplikasi dan driver Anda setelah komputer Anda kembali seperti semula.

Tips Mengatasi Windows 10 yang Error dengan Mudah

6. Langkah selanjutnya iyalah Pilih Restore point yang ingin Anda gunakan untuk mengembalikan Windows 10 Anda ke kondisi semula, lalu pilih “Next”.

Tips Mengatasi Windows 10 yang Error dengan Mudah

7. Langkah terakhir, anda pilih ”Finish” untuk memulai proses restore.
Laptop Anda akan otomatis melakukan reboot untuk memulai proses restore. Proses ini dapat memakan waktu hingga 25 menit tergantung banyaknya aplikasi dan pengaturan yang dikembalikan.

Setelah selesai melakukan Restore, Anda akan melihat pesan “System Restore completed successfully” pada desktop Anda.

Akhir Kata:

Demikian saja artikel yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga artikel diatas yang berjudul Tips Mengatasi Windows 10 yang Error dengan Mudah dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian. Thankyou for Visiting Josbanget.com!.
Load disqus comments

25 komentar