Thursday

Cara Mengidentifikasi Kerusakan Pada Komputer dan Laptop

Cara Mengidentifikasi Kerusakan Pada Komputer dan Laptop

Baca Juga

Tutorial Komputer - Komputer dan Laptop adalah barang Elektronik yang sudah tidak asing di Era tahun ini. Seperti yang Anda ketahui bahwa computer ataupun Laptop dapat memudahkan pekerjaan kita seperti mengetik, membuat surat, menghitung, mengedit sebuah gambar, membuat persentasi kerja dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Dan semakin seringnya penggunaan pada komputer dan laptop tersebut maka akan menambah pula resiko kerusakan yang terjadi, maka dari itu alangkah baiknya jika Anda dapat mengidentifikasi kerusakan pada computer ataupun kerusakan pada laptop tersebut. Banyak sekali kerusakan yang bisa terjadi pada computer atau laptop Anda, Contohnya seperti, Laptop tidak bisa dijalankan, laptop atau komputer mengalami hang, laptop mengalami blue screen ataupun mengalami masalah lainnya.

Baca Juga: Cara Sharing Koneksi Internet dari Laptop/PC dengan Virtual Router Manager Plus

Dan perlu Anda ketahui bahwa Kerusakan Komputer dan Laptop dikategorikan menjadi dua, yaitu, Kerusakan Berat dan Kerusakan Ringan. Apabila Komputer atau Laptop anda mengalami kerusakan berat maka saya sarankan anda membawanya ke service komputer terdekat. Akan tetapi jika komputer atau laptop Anda hanya mengalami kerusakan ringan tentu anda bisa memperbaikinya sendiri.

Cara Mengidentifikasi Kerusakan Pada Komputer dan Laptop

Beberapa Cara Mengidentifikasi Kerusakan Komputer dan Laptop

1. Kenali Indikator dan tanda di awal menyalakan komputer

Cara yang pertama yaitu dengan mengenali indicator yang muncul saat pertama menyalakan komputer, karna indicator yang muncul dapat menjadi sebuah acuan untuk mengidentifikawsi kerusakan dan langkah yang harus dilakukan untuk memperbaikinya. Seperti Kode Beep atau pesan peringatan pada layar monitor. Kode beep biasanya menjadi sebuah petunjuk jika komputer mengali masalah seperti, Video Card, Lan Card, RAM, Motherboard ataupun masalah Prosessor. Bunyi pada kode beep akan menyesuaikan dengan BIOS yang Anda gunakan, maka dari itu biasanya akan berbeda-beda di setiap BIOS.
Dan jika ada pesan Error pada layar monitor, biasanya disertakan pesan error peringatan, contohnya seperti, :Hardisk Failure, dan disertai Blue Screen. Langkah termudah yaitu coba anda lepas dan cek peripheral yang bersangkutan.

2. Lampu Indikator menyala akan tetapi layar monitor tetap mati

Setelah Laptop dinyalakan anda tentunya dapat melihat dan mengamati gejala yang muncul pada prangkat. Jika Laptop dinyalakan tetapi layar monitor gelap atau tidak muncul tampilan sama sekali, kemungkinan besar kerusakan terjadi pada Layar LCD anda. Untuk memastikannya Anda bisa menghubungkan Monitor eksternal untuk mengeceknya.
LCD dibagi menjadi 3 bagian yaitu, Fleksibel, Inverter, dan LCD it7u sendiri. Jika kabel Fleksibel mengalami permasalahan Anda dapat Mengeceknya dengan menggoyang-goyangkan kabel tersebut, dan jika sekilas ada tampilan di monitor ini menunjukkan bahwa ada kerusakan pada Fleksibel. Akan tetapi jika yang mengalami kerusakan itu Inverter dan LCD maka anda harus menggantinya ke yang baru karena inverter dan LCD itu menjadi satu.

3. Laptop tidak bisa di charge

Jika laptop tidak bisa di cas kemungkinan kerusakan pada cas laptop tersebut atau perangkat lain pada motherboard yaitu IC power motherboard dan Jack Power.
Jika laptop mengalami kasus seperti ini langkah yang dilakukan adalah dengan mencoba terlebih dahulu dengan charge lain. Jika tetap tidak bisa melakukan charger maka kemungkinan kerusakan pada jack power atau IC powernya. Untuk melakukan cek pada jack power atau IC power kita harus membongkar laptop.

4. laptop atau Komputer tidak bisa melakukan booting

Jika laptop atau komputer tidak bisa melakukan booting / tidak bisa menyala dan tidak bisa masuk sistem operasi, maka ada 2 kemungkinan yaitu: kerusakan pada software dan kerusakan pada hardware. Jika kerusakan pada software langkahnya kita bisa melakukan repair pada sistem operasi yang digunakan atau jika tetap tidak bisa maka langkah paling mudah adalah melakukan install ulang sistem operasi. atau bagi yang sudah melakukan backup dapat menggunakan System Restore Point

Baca Juga: Tips Mengatasi Windows 10 yang Error dengan Mudah

Jika permasalahan pada hardware maka kita bisa cek pada perangkat Harddisk, RAM atau VGA Card. Untuk melihat permasalahan pada harddisk kita bisa masuk ke menu bios dan memastikan harddisk masih terdeteksi pada laptop kita. Jika pada RAm maka kita bisa melepas RAM dan membersihkannya kemudian memasang kembali RAM tersebut atau coba dipasang pada slot yang lain.

Bagaimana mudah bukan? Mengidentifikasi kerusakan Laptop ataupun komputer. Jika ada yang kurang paham bisa anda tanyakan melalui kolom komentar.
Demikianlah artikel kali ini yang saya terbitkan tentang Cara Mengidentifikasi Kerusakan Pada Komputer dan Laptop, Semoga Tips yang saya berikan kali ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. And Thankyou for Visiting !!.
Load disqus comments

0 komentar